Beranda » Bibit Buah » Bibit Juwet
Paling Laris

Bibit Juwet

Kode: 012 Stok: Tersedia 1000 pcs
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Bibit Buah Best Seller
Dilihat 277 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
*Mulai Rp 75.000
Pemesanan yang lebih cepat! Order Fast Respond
Bibit Juwet
*Mulai Rp 75.000
Tersedia / 012
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Juwet

Jual bibit jamblang putih, tabulampot jamblang putih varietas unggul dan bergaransi. Melayani pengiriman keseluruh wilayah Indonesia, selama terjangkau expedisi.

7 Alasan Anda Harus Membeli Bibit Jamblang Putih dari Kami 

  1. Bibit lebih cepat berbuah – karena kami jual bibit jamblang putih dari pembiakan dengan cara okulasi atau cangkok yang jauh lebih cepat dibanding pembiakan dari biji. Pencangkokan atau okulasi juga dilakukan pada indukan yang dewasa dan telah berbuah.
  2. Bibit bebas penyakit dan hama – karena kami jual bibit jamblang putih yang diperbanyak dari indukan yang sehat, bebas penyakit dan hama
  3. Bibit Tidak Mandul – karena kami jual bibit jamblang putih yang berasal dari indukan yang sudah terbukti berbuah dan produktif.
  4. Sifat buah tidak berubah, sama persis dengan induknya – karena kami jual bibit jamblang putih dari pebiakan dengan cara vegetative (bukan biji)
  5. Bibit Sehat – karena di rawat secara khusus oleh ahli pembibitan kami
  6. Bibit Cukup umur dan siap tanam – bibit yang kami jual telah di rawat dalam polybag atau pot minimal 6 bulan dengan jumlah dan kondisi akar yang kuat sebelum siap jual.
  7. Garansi Uang kembali – Jika bibit bukan dari varietas asli dan jika diterima dalam kondisi mati yang disebabkan oleh kesalahan kami.

Mengenal Jamblang Putih

Jamblang adalah buah yang masih termasuk kedalam jenis jambu-jambuan srtukturnya mirip dengan jambu air. Buah Jamblang merupakan buah yang langka di Indonesia. Buah jamblang dikenal dengan nama yang berbeda-beda antara lain, jambu kling (Gayo), jambe kleng (Aceh), jambu kalang (Minang kabau), jamblang (Betawi dan Sunda), juwet, duwet, duwet manting (Jawa), dhalas (Madura), juwet (Bali), klayu (Sasak), duwe (Bima), jambulan (Flores), raporapo jawa (Makasar), alicopeng (Bugis), dan jambula (Ternate). Buah Jamblang kaya akan manfaat, hampir seluruh bagian tumbuhan tersebut mempunyai kegunaan. Dengan demikian tanaman ini mendapat predikat sebagai tanaman obat.

Petunjuk Penanaman Jamblang Putih

Ada dua pilihan untuk penanaman Jamblang putih, yaitu di tanah langsung atau di dalam pot yang dikenal juga dengan tabulampot jamblang putih. Berikut ini sekilas cara penanaman untuk kedua pilihan tersebut :

Penanaman Jamblang Putih Dalam Pot (Tabulampot Jamblang Putih)

1. Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit yang diperbanyak  menggunakan cara okulasi. Kriteria bibit yang harus dipilih seperti bibit yang unggul dan berkualitas baik, sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit, daun hijau segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat. Apabila anda ingin mendapatkan bibitnya, tidak usah khawatir, kami jual bibit jamblang putih varietas unggul dan bergaransi. Harga bibit jamblang putih yang kami jual mulai dari harga 60 ribuan.

2. Menyiapkan Pot

Siapkan drum atau pot minimal ukuran 50, lebih besar lebih bagus agar pertumbuhan jamblang putih dalam pot maksimal.

3. Menyiapkan Media Tanam

Sediakan tanah yang gembur, sekam dan pupuk kandang dicampur 1:1:1, setelah itu masukan bibit jamblang putih kedalam pot dan kasih lubang tanam untuk menanam bibit jamblang putih dalam pot.

4. Cara Penanaman

Pertama-tama, lepaskan bibit jamblang putih dari polybag dengan cara disobek atau digunting, setelah itu masukan bibit kedalam pot yang sudah disiapkan, lalu timbun dan siram basah bibit jjamblang putih yang telah ditanam dalam pot sampai air keluar dari lubang pot bagian bawah.

5. Pemupukan

Pemupukan jamblang putih dalam Pot sama seperti pemupukan tanaman dalam pot pada umumnya, untuk awalan agar pertumnbuhan bagus diberi pupuk kandang,  ZPT dan Atonik selama satu bulan sekali. Setelah Tabulampot jamblang putih berusia 6 bulan dan memiliki batang cukup kuat, tabulampot jamblang putih bisa diberi hormon perangsang buah seperti NPK Jagotani, Gandasil B atau Goldstar. Dan untuk mencegah hama daun jamblang putih dalam pot biasanya  disemprot dengan Decis.

6. Penyiraman

Lakukan penyiraman satu hari sekali pada jamblang putih dalam pot ( Tabulampot jamblang putih), apabila tanaman sedang berbunga penyiraman harus lebih instens, tetapi hindari penyiraman bagian atas (daun dan bunga) untuk menghindari rontok, cukup disiram bagian medianya saja.

Ditanam Ditanah Langsung

1. Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit yang diperbanyak  menggunakan cara okulasi. Kriteria bibit yang harus dipilih seperti bibit yang unggul dan berkualitas baik, sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit, daun hijau segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat. Apabila anda ingin mendapatkan bibitnya, tidak usah khawatir, kami jual bibit jamblang putih varietas unggul dan bergaransi. Harga bibit jamblang putih yang kami jual mulai dari harga 60 ribuan.

2. Menyiapkan Lubang

Siapkan cangkul, sekam dan pupuk kompos/kandang. Siapkan/gali lubang dengan ukuran 40x40x40, timbun lubang dengan pupuk kandang sekitar 50% dari volume lubang, setelah itu kasih tanah diatas pupuk kandang sekitar 5 cm, lalu tanam bibitnya. Setelah itu buang plastik polybag dari bibit dengan cara menyobek atau mengguntingnya. Setelah itu langsung letakkan bibit dalam lubang yang telah disiapkan. Posisikan bibit tegak lurus jangan sampai miring karena akan mempengaruhi masa pertumbuhan untuk jangka panjang. Setelah bibit sudah di letakkan pada lubang tanam, segera di tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam di campur jadi satu yang sebelumnya sudah di siapkan. Media yang kaya akan nutrisi akan merangsang atau menghasilkan tanaman mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Kemudian di tutup sampai merata dari campuran media tersebut serta padatkan sedikit agar bibit tidak mudah gampang roboh.

3. Cara Perawatan (Pemupukan, Penyiraman, Pemangkasan)

  • Pemupukan 

Agar tanaman maksimal dan berbuah lakukan pemupukan secara rutin, Untuk awalan bisa dikasih pupuk kandang (untuk menyuburkan tanah), ZPT (Untuk pertumbuhan daun dan batang), Atonik (Untuk pertumbuhan daun dan akar) dan Decis (untuk mencegah hama daun), dilakukan 2 minggu sekali sampai usia satu tahun agar tanaman tumbuh baik dan maksimal. Untuk pemberian pupuk kandang dikasih 1 bulan sekali, setelah seminggu diberi pupuk kandang baru dikasih NPK mutiara, secukupnya dan lakukan secara kontinyu.

  • Penyiraman

Setelah bibit tertanam pada lahan penanaman, proses selanjutnya tahap untuk melakukan penyiraman bibit sampai basah, untuk selanjutnya penyiraman dilakukan di waktu pagi atau sore hari. Untuk hasil yang baik dalam penyiraman yang optimal di sarankan menggunakan alat bantu embrat atau gembor agar penyiraman ke tanaman bisa merata. Penyiraman air di saat pagi atau sore hari sangat dianjurkan untuk tanaman yang baru pindah tanam, di karenakan tanaman baru kerap terganggu dari faktor lingkungan. Air berguna untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh kembali dan tidak mudah layu. Jadi di sarankan dalam melakukan penyiraman rutin tiap hari karena dalam penanaman air sangat dibutuhkan dalam jangka panjang.

Tags: ,

Ditambahkan pada: 2 Agustus 2020
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Chat via Whatsapp
Admin Sahabat Bibit
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin Sahabat Bibit
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja